Berita

Jelajah Tata Surya Lewat Google Maps

Jelajah Tata Surya Lewat Google Maps

Luar angkasa, siapa yang tidak penasaran dengan bagaimana bentuk asli tata surya. Rasa penasaran itu setidaknya terjawab lewat fitur baru dari Google Maps. Google baru saja mengumumkan fitur baru dari Google Maps, yakni “jalan-jalan” secara virtual ke berbagai planet dan bulan yang mengitarinya di tata surya ini.

Google Maps memanfaatkan data yang dihimpun oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan European Space Agency (ESA) selama bertahun-tahun. Menurut pantauan KompasTekno, terdapat 12 pilihan planet dan satelit yang dapat dijelajahi. Beberapa di antaranya, seperti Mars, Venus, Pluto, dan Titan.

Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengetahui bagaimana dinginnya satelit Enceladus dan Europa yang berselimut es. Pengguna juga bisa melihat planet kerdil Ceres yang terletak jauh dari sabuk asteroid planet Mars.

Cara berwisata ke antariksa via Google Maps pun mudah dilakukan. Pengguna cukup mengakses tautan < a href=”https://www.google.com/maps/@0,110.4083342,12802639m/data=!3m1!1e3″ target=”_blank”>berikut ini.

Kemudian, akan muncul tabel pilihan planet dan satelitnya di bagian kiri. Jika ingin melanjutkan “jalan-jalan” ke salah satu planet atau satelit, Anda cukup memilih salah satu di antara daftar terebut, lalu lakukan zoom-in atau perbesar skala untuk melihat lebih detail.

Google Maps tidak hanya mengajak Anda jalan-jalan ke tata surya. Ia juga menawarkan untuk berkunjung ke stasiun luar angkasa internasional atau ISS. ISS merupakan tempat penelitian dan pengamatan yang merupakan gabungan dari 16 negara termasuk Amerika Serikat, Rusia dan Uni Eropa. Anda akan diperkenalkan dengan alat-alat di dalam ISS.

Dikutip dari : http://tekno.kompas.com/read/2017/10/18/07395927/bisa-menjelajah-tata-surya-lewat-google-maps#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *