Tips & trik

Hal Terlarang di Internet! Jangan Lakukan

Berikut 7 larangan saat kamu menggunakan internet

Membobol Wifi Orang Lain
Menggunakan jaringan WiFi gratis tentunya sangat menyenangkan. Kamu bisa puas mengakses apapun. Namun ada segelintir orang yang sengaja membobol jaringan WiFi orang lain guna mendapatkan akses internet gratis.

Berbohong di Situs e-Commerce
Belanja online bukan hal yang baru di internet. Dengan harga yang lebih murah, pilihan yang lebih banyak, dan bebas ongkos kirim, belanja online kini makin diminati.
Namun ada hal yang terlarang dilakukan sehubungan dengan transaksi belanja online, yakni berbohong di situs e-Commerce.

Menggunakan Nama Palsu atau Alay
Salah satu hal yang sebaiknya tidak dilakukan di internet adalah menggunakan nama palsu. Kendati demikian, hal ini cukup sering terjadi.
Parahnya ada pihak yang menggunakan identitas palsunya tidak sekadar untuk iseng semata tapi juga untuk tujuan penipuan.

Menggunakan Konten dengan Hak Cipta Orang Lain
Beberapa media sosial atau layanan berbagi memiliki peraturan yang sangat ketat terkait dengan hak cipta. Kalau kamu mencari konten yang tak diikat dengan hak cipta atau copyright untuk dibagikan kembali, kamu bisa mencarinya di Pexels atau Unsplash. Sementara, kalau kamu butuh musik tanpa hak cipta bisa mencarinya di Soundcloud.

Berbagi Password
Jangan pernah berbagi password sekalipun dengan orang terdekat kamu. Password sangat sensitif dan harus bersifat rahasia. Pengguna juga harus hati-hati saat sedang berselancar di dunia maya, sebab banyak link berupa phishing yang mencari email atau password seseorang.

Mengunggah Hal Bersifat Pribadi
Sebaiknya kamu jangan mengunggah hal-hal yang bersifat pribadi, seperti nomer telepon, alamat rumah, dan informasi sensitif lainnya.
Selain itu, patut diingat untuk tidak mengunggah foto-foto bersifat sangat pribadi. Misalnya foto bermesraan dengan pasangan. Hal tersebut akan menimbulkan masalah tersendiri yang sangat merugikan.

Anak di Bawah Umur Punya Medsos
Banyak anak-anak di bawah umur yang sudah mempunyai akun media sosial. Mereka bisa saja memalsukan tahun kelahiran mereka agar mempunyai akun tersebut. Padahal kebanyakan media sosial membatasi penggunanya berusia 13 tahun.

Yang perlu diketahui, internet bisa jadi tempat yang mengerikan bagi anak-anak. Misalnya yang paling marak belakangan adalah isu predator anak yang mengincar anak-anak di bawah umur hingga penculikan anak di bawah umur.

Dikutip dari : http://tekno.liputan6.com/read/3158231/peringatan-jangan-lakukan-7-hal-terlarang-ini-di-internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *