Ekonomi Jakarta Melambat? Ini Analisanya

news 8 agustus_id

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan, perekonomian DKI Jakarta pada triwulan II-2017 melambat, dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya, dan lebih rendah dari prakiraan BI.

Perlambatan yang terutama disebabkan oleh pelemahan kinerja ekspor dan impor, serta belanja pemerintah ini mengakibatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta pada triwulan II-2017 turun menjadi 5,96% dari 6,45% di triwulan sebelumnya.

Namun demikian, pertumbuhan sepanjang semester I-2017 tercatat 6,20%, atau lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya 5,89%. Pada triwulan II-2017, ekspor Jakarta mengalami pertumbuhan negatif 13,69%, lebih rendah dari triwulan sebelumnya yang mencatat minus 5,84%.

Pelemahan ekonomi juga dikontribusi oleh melemahnya kinerja belanja pemerintah, terutama pada belanja kementerian dan lembaga yang berkantor di ibu kota. Turunnya kinerja belanja pemerintah tersebut terutama disebabkan oleh bergesernya pembayaran gaji dan tunjangan ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) dari triwulan II ke triwulan III-2017.

Sementara itu, komponen pengeluaran yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Jakarta pada triwulan II-2017 adalah konsumsi rumah tangga, konsumsi lembaga non-profit yang melayani rumah tangga (LNPRT) dan ekspor neto antardaerah yang masih tumbuh cukup tinggi.

Sejalan dengan pelemahan kinerja ekspor dan impor, dua lapangan usaha (LU) utama dalam PDRB DKI Jakarta, yaitu LU perdagangan, dan industri pengolahan, mengalami perlambatan pertumbuhan. Sementara itu, LU utama lainnya yaitu konstruksi mengalami peningkatan sejalan dengan pertumbuhan PMTB yang juga meningkat, demikian juga LU informasi dan komunikasi yang memberi kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi
Jakarta.

Pertumbuhan ekonomi yang membaik pada paruh pertama 2017, diprakirakan akan berlanjut pada triwulan berikutnya. Pertumbuhan konsumsi pemerintah diprakirakan naik didorong oleh belanja pegawai yang meningkat. Selain itu, pertumbuhan investasi diprakirakan masih terjaga, didukung oleh realisasi berbagai proyek infrastruktur pemerintah.

Sumber : https://finance.detik.com/moneter/d-3590131/ekonomi-jakarta-melambat-ini-analisanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 9 =