Catatan Menarik di Fase Grup Sepakbola Asian Games 2018

Setelah babak penyisihan grup cabang olahraga sepakbola putra Asian Games 2018 telah selesai maka sebanyak 16 tim telah memastikan lolos dari grupnya masing-masing.

6 Juara dan runner up grup beserta 4 peringkat tiga terbaik bakal berjibaku di 16 besar untuk berebut kepingan medali. Pada laga penyisihan grup terdapat catatan menarik yang ditorehkan para peserta.

Antara lain keberhasilan tiga negara Asia Tenggara (ASEAN) menjadi juara di masing-masing grup. Selain Indonesia yang mampu menjadi juara Grup A, kesuksesan Malaysia (Grup B) dan Vietnam (Grup D) yang sanggup mengalahkan raksasa di benua kuning yakni Korea Selatan dan Jepang.

Kejutan lain yang terjadi pada pertandingan sepakbola putra di Asian Games 2018 ada di Grup B, tak disangka-sangka Bangladesh berhasil menjadi runner up. Padahal, Thailand dan Qatar menjadi negara yang paling difavoritkan untuk menemani Uzbekistan.

Bangladesh berhasil menjadi runner up Grup B setelah di pertandingan terakhir menang 1-0 atas Qatar pada Minggu, 19 Agustus 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. Dengan hasil tersebut, Bangladesh berhak lolos karena mengumpulkan 4 poin. Sedangkan Thailand hanya menorehkan 2 poin dan Qatar hanya mampu mengoleksi 1 poin.

Berikut catatan menarik usai babak penyisihan grup sepakbola putra di Asian Games 2018, yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Indonesia dan China menjadi negara dengan torehan gol terbanyak. Indonesia dan China mampu mencetak 11 gol pada penyisihan grup.

2. Uzbekistan, China, Vietnam dan Palestina menjadi tim yang belum pernah kalah selama babak penyisihan grup.

3. Tiga negara ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, dan Vietnam berhasil menjadi juara grup.

4. Uzbekistan dan Vietnam menjadi negara yang tak pernah kebobolan selama penyisihan grup.

5. Uzbekistan, Vietnam dan China menjadi tim yang selalu meraih kemenangan selama babak penyisihan grup.

6. Selama keikutsertaan di Asian Games, Bangladesh untuk pertama kalinya berhasil lolos ke fase knock out.

Sumber : LIPUTAN6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − one =