Cara Setting HP Agar Aman dari Anak

Smartphone kini sudah menjadi kebutuhan hampir tiap orang, termasuk anak-anak. Beda dengan zaman dulu, smartphone kini memang sangat dibutuhkan anak-anak untuk aktifitasnya sehari-hari. Jika tidak diberikan, mereka malah bisa jadi kudet atau mati gaya.

Namun, kita tetap harus waspada dan mengawasi penggunaan smartphone mereka. Untuk itu, kali ini Jaka akan kasih tips mengenai pengaturan smartphone Android yang wajib kamu terapkan untuk anak di bawah umur.

Lantas, bagaimana caranya agar smartphone aman dipakai anak? Melansir halaman Makeuseof, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyetel perangkat agar aman bagi anak. Apa saja?

1. Gunakan Google Family Link
Google menciptakan aplikasi untuk mengakomodasi anak usia di bawah 13 tahun yang belum dapat mendaftarkan akun Google. Kebanyakan kejadian, si anak memalsukan umur mereka agar bisa membuat akun. Hal itulah yang kemudian dihindari Google dengan membuat aplikasi bernama Google Family Link.

Instal aplikasi ini untuk memudahkan anak di bawah umur membuat akun Google. Selain itu, keuntungan yang pasti didapat adalah kamu jadi bisa memantau dan mengontrol aktivitas sang anak karena akun Google yang terhubung dalam aplikasi tersebut.

2. Aktifkan Parental Controls di Play Store
Beragam aplikasi yang tersedia di Play Store memang dibuat dalam berbagai kategori dengan fungsi dan tujuan masing-masing. Namun, beberapa di antaranya tergolong aplikasi khusus dewasa alias gak pantas digunakan anak di bawah umur.

Untuk itu, kamu perlu mengaktifkan fitur Parental Controls pada Play Store smartphone Android si anak. Caranya cukup mudah yaitu cukup masuki Play Store > pilih menu Settings > Parental Controls > klik On untuk mengaktifkannya. Kamu lalu bisa mengontrol dan menyaring aplikasi yang sekiranya gak pantas buat mereka.

3. Aktifkan (Lagi) Parental Controls di Google Chrome

Masih fitur yang sama, bedanya fitur Parental Controls yang satu ini diterapkan pada browser (semisal Google Chrome) yang ada di smartphone Android anak. Caranya dengan pergi ke menu Settings > pilih Accounts & Privacy > Aktifkan opsi SafeSearch.

4. Gunakan Fitur Family Library
Satu lagi fitur yang bisa kamu gunakan dan aktifkan di Play Store. Family Library adalah fitur yang memungkinkan kamu beserta anggota keluarga, termasuk anak di bawah umur, untuk saling sharing alias berbagi aplikasi. Dengan kata lain, kamu juga bisa mengawasi aplikasi apa saja yang dirasa gak layak digunakan anak-anak.

5. YouTube > YouTube Kids

YouTube mengeluarkan versi khusus untuk anak-anak yang diberi nama YouTube Kids. Dibuat khusus untuk anak di bawah umur, YouTube Kids tentu memberi rekomendasi video yang cocok untuk dikonsumsi anak-anak. Sehingga kamu gak perlu khawatir akan munculnya video yang kurang pantas dalam aplikasi ini.


6. Pantau Keberadaan Anak dengan Find My Device

Aplikasi Find My Device sejatinya diciptakan untuk menemukan smartphone Android kamu yang hilang atau dicuri. Namun, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk memantau lokasi smartphone yang digunakan si anak. Dengan punya akses atas akun Google mereka, kamu bisa memantau lokasi mereka kapan pun kamu butuhkan.

Sumber : NOKIAFANS.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + four =