Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dengan Mudah

WiFi sangat dibutuhkan untuk menjelajah internet. WiFi merupakan teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data melalui gelombang sebuah jaringan. Saat terhubung dengan jaringan, pasti akan memudahkan kita untuk berkomunikasi tetapi bagaimana jika laptop tidak connect WiFi?

Dilihat secara sesama untuk mengakses WiFi dengan hotspot, tentu tidak akan luput dari kesalahan atau masalah teknis, sehingga tidak jarang dari kalian mengalami permasalahan seperti laptop tidak connect WiFi. Permasalah teknis tidak hanya masalah tidak bisa connect WiFi, port USB yang tidak berfungsi juga permasalahan yang bisa menghambat pekerjaan kamu.

Nyatanya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kamu tidak dapat terhubung dengan internet via WiFi. Salah satunya adalah masalah WiFi di perangkat.

Di dalam artikel ini, Tekno Liputan6.com merangkum cara mengatasi laptop yang tidak bisa terkoneksi WiFi.

1. Aktifkan Adapter WiFi
Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan adapter WiFi di laptop. Cara paling mudah adalah dengan menekan tombol kombinasi Fn+F3.

2. Instal Ulang Driver WiFi
Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menginstal ulang driver di laptop.

Oleh sebab itu, jika WiFi yang ada di laptop kamu mati dan cara di atas tidak berhasil mengatasinya, besar kemungkinan driver WiFi kamu ada masalah.

Sebaiknya instal ulang driver tersebut. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Lalu klik “Device Manager”.

Setelah itu, buka Network adapter > pilih Wifi adapters yang digunakan (kami pakai Intel Dual). Klik kanan maka akan muncul pilihan Uninstall, klik opsi tersebut.

Kemudian, tuju ikon paling kanan di bar (gambar monitor komputer dengan kaca pembesar) untuk mencari dan menginstal driver secara otomatis.

3. Setting Ulang IP Address
Hampir sama dengan cara yang pertama, ketika kamu klik kanan pada pengaturan WiFi > lalu pilih “properties” > jika sudah pilih “Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4)” > setelah itu pilih “Obtain an IP address automatically” dan “Obtain an DNS server address automatically”.

4. Restart Laptop Kamu
Jika semua cara di atas tidak dapat membuahkan hasil, maka cara yang selanjutnya adalah dengan mencoba restart laptop.

5. Restart Router
Bila kamu memiliki akses ke perangkat router, kamu bisa me-restart router penyedia WiFi yang digunakan.

Sumber : LIPUTAN6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =