Cara Menaikkan Traffic Situs Web Tanpa Mengandalkan Iklan

Cara Menaikkan Traffic Situs Web Tanpa Mengandalkan Iklan

Situs web adalah cara untuk mengembangkan bisnis. Kamu ingin situsmu diminati banyak pengunjung, tapi belum bisa menganggarkan iklan untuk meningkatkan traffic. Bila kondisimu seperti ini, jangan berkecil hati. Ada beberapa tip yang bisa kamu terapkan

Pajang namamu di situs lain
Gunakan situs-situs e-commerce yang sudah ada seperti Amazon, Tokopedia, dan sebagainya, untuk memajang produk sekaligus mempromosikan tokomu. Karena situs-situs seperti ini sudah memiliki prioritas tinggi di Google, visibilitas produkmu akan ikut terangkat. Setelah lebih dikenal, kamu bisa mulai menggiring pelanggan untuk pindah ke situs milikmu sendiri.

Buat program referral
Program referral adalah salah satu cara membuat produkmu viral di masyarakat. Ini disebut sebagai viralitas dari mulut ke mulut berinsentif. Kamu bisa menawarkan kupon diskon untuk produk apabila mereka membantu promosi situsmu, misalnya mengajak teman bergabung, share di media sosial, dan sebagainya.
Sering-seringlah menulis. Kamu bisa menumpang di situs lain untuk yang sudah punya masa. Bedanya yang kamu tumpangkan bukan produk, tetapi tulisan biasanya ini disebut Content Marketing.

Rajin datang ke event
Bertemu tatap muka adalah salah satu taktik marketing paling efektif. Pergilah ke luar rumah, siapkan stok kartu namamu, dan datanglah ke event. Di sana kamu bisa menjalin relasi dengan banyak orang, baik itu calon pembeli atau calon partner bisnis. Kamu juga akan mendapat kesempatan untuk memperkenalkan usahamu secara lebih personal.

Bangun relasi dengan pers
Luangkan waktumu untuk menjalin hubungan baik dengan media massa, bloger, atauinfluencer. Caranya bisa dengan cara mengirim siaran pers atau berkenalan dengan anggota media itu secara personal.
Ingatlah bahwa kamu tidak boleh berharap akan mendapat perlakuan spesial hanya karena kamu kenal dengan media—itu namanya nepotisme. Kamu harus menjaga kualitas dan menunjukkan pada mereka bahwa kamu punya nilai untuk diliput. Media massa, bloger, dan influencer butuh konten yang relevan, menarik, dan bermanfaat untuk audiens. Tanyakan pada dirimu, apa yang bisa kamu tawarkan pada audiens tersebut?

Jangan terobsesi pada SEO
SEO memang sangat penting, dan kamu harus tetap mengusahakannya. Tapi kamu tidak boleh hanya mengandalkan SEO dan berharap traffic melonjak tiba-tiba. Daripada fokus kepada bagaimana menjadi nomor satu, fokuslah kepada menciptakan konten terbaik yang akan berguna untuk para pengguna kamu. Lakukan ini secara konsisten (termasuk di dalamnya menyediakan UX/UI, seperti navigasi dan kecepatan web) maka kamu sudah berada di jalur yang tepat.

Di masa awal startup, konsentrasilah pada long tail keyword untuk mengurangi kompetisi dengan para pemain besar.

Dikutip dari : https://id.techinasia.com/cara-menaikkan-traffic-situs-web-tanpa-iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =