Cara Mempercepat Internet di Android

Buat pengguna Android, aktivitas sehari-hari kamu pasti sangat bergantung pada performa dan kecepatan internet yang ada di smartphone tersebut.

Jika koneksi melambat alias lemot, maka berbagai aktivitasmu pasti akan sangat terganggu dan terhambat.

Kehadiran smartphone Android tak dimungkiri turut mendorong penggunaan internet secara masif.

Bahkan, sejumlah laporan mencatat akses internet melalui perangkat mobile terus meningkat setiap tahun.

Berkaca dari kondisi itu, internet di zaman sekarang sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan.

Sayangnya, pengguna smartphone Android tidak selalu mendapatkan akses internet yang mumpuni.

Selain kondisi jaringan, ada sejumlah faktor lain yang kadang membuat akses internet tidak optimal. Salah satunya adalah pengaturan di browser maupun performa smartphone Android.

Oleh sebab itu, Tekno Liputan6.com memberikan tips untuk mempercepat akses internet dengan melakukan pengaturan di smartphone. Seperti apa? Simak caranya berikut ini.

1. Blokir Iklan
Salah satu cara untuk mempercepat akses internet adalah menghapus iklan yang muncul saat mengakses sebuah situs.

Alasannya, iklan ternyata dapat menyedot kuota internet cukup banyak, sehingga waktu muat juga lebih lambat.

Oleh sebab itu, memblokir tampilan iklan yang tampil di sebuah situs merupakan salah satu cara untuk mempercepat akses internet di smartphone Android.

Untuk melakukannya, kamu dapat menggunakan peramban yang biasanya memiliki fitur ad blocker. Cara lain yang dapat dilakukan adalah memasang aplikasi pemblokir iklan terpisah.

2. Kompres Gambar
Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah memanfaatkan fitur Data Saving yang sudah tersedia di sejumlah browser. Selain menghemat kuota internet, fitur ini dapat mempercepat akses internetmu.

Lewat fitur ini, peramban biasanya akan mematikan proses pemuatan gambar alias mengompres gambar menjadi ukuran lebih kecil. Dengan demikian, proses loading sebuah situs akan menjadi lebih cepat.

3. Hapus Cache
Banyak aplikasi Android membutuhkan koneksi internet membutuhkan koneksi internet untuk dapat berfungsi. Seiring waktu digunakan, aplikasi ini akan menyimpan cache yang memiliki ukuran besar.

Jumlah itu tentu akan memberatkan performa smartphone dan membuat proses pemuatan data menjadi berat. Karenanya, menghapus cache aplikasi secara rutin dapat menjadi solusi mempercepat akses internet.

Selain melakukan penghapusan secara manual, kamu dapat memanfaatkan aplikasi pembersih cache yang banyak tersedia di Play Store.

Sumber : msn

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 10 =