Tips & trik

Cara Elegan Menghadapi Persaingan di Tempat Kerja

TIPS12JULI_ID

Persaingan di tempat kerja atau di kantor adalah hal biasa di setiap perusahaan. Sayangnya, persaingan tersebut sering membuat stres sejumlah karyawan. Akibatnya, mereka tidak bersemangat sehingga produktivitasnya menurun. Agar Anda tidak seperti mereka, ada lima cara elegan menghadapi persaingan di tempat kerja Anda.

1. Berpikir positif tentang persaingan
Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah berpikir positif tentang persaingan tersebut. Tanamkan di benak Anda bahwa persaingan itu bagus untuk Anda, rekan kerja, dan kinerja perusahaan. Mengapa? Karena persaingan akan membuat semua karyawan mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Kemampuan terbaik tersebut untuk mengejar posisi yang lebih atas, memperoleh gaji yang lebih tinggi, mendapatkan reputasi baik, atau mendapatkan proyek yang lebih menantang.

2. Meningkatkan keterampilan
Cara kedua adalah meningkatkan keterampilan Anda. Fokuslah pada apa yang menjadi keunggulan Anda. Lupakan dulu keterampilan atau keunggulan orang lain. Hal ini akan mendorong Anda untuk mencurahkan energi dan upaya menghilangkan kelemahan Anda, bukan mencurahkan energi dan upaya untuk mengeluh dan mencemaskan orang lain.

3. Bekerja melebihi deskripsi kerja Anda
Persaingan adalah peluang untuk menonjolkan kinerja. Oleh karena itu, bekerja melebihi deskripsi kerja Anda adalah langkah tepat untuk tujuan tersebut. Sebagai contoh, jika tugas Anda sebagai teknisi kelistrikan, mintalah tugas-tugas tambahan kepada atasan Anda bila pekerjaan Anda sudah selesai dilaksanakan.

4. Membina hubungan baik dengan atasan
Dalam perusahaan yang mengedepankan prestasi, peran atasan sangat penting dalam mengembangkan karier bawahannya. Untuk itu, binalah hubungan baik dengan atasan agar Anda memiliki hubungan profesional dan reputasi baik di mata atasan. Ini diharapkan dapat membantu Anda dalam persaingan kerja.

5. Bersinergi dengan pesaing
Cara terakhir adalah bersinergi atau bekerja sama dengan pesaing Anda. Jika pesaing itu perlu bantuan, berilah bantuan terbaik Anda. Misalnya, jika dia belum terampil di sebuah instrumen dan meminta Anda mengajarinya, ajarilah dengan baik. Hilangkan rasa takut tersaingi karena bisa saja Anda memerlukan bantuan dia di kemudian hari.

Kesimpulannya, persaingan kerja adalah peluang bagi Anda untuk berkembang dan menonjolkan kinerja. Semakin elegan Anda menyikapinya, semakin bergairah Anda dalam bekerja dan berkarir. Degan demikian, rasa cemas, stres, dan perasaan negatif lainnya akan hilang dengan sendirinya.

Sumber: http://www.duniakaryawan.com/5-cara-elegan-menyikapi-persaingan-di-tempat-kerja/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *