Cara Cerdas Menggunakan Sticky Notes di Kantor

Cara Cerdas Menggunakan Sticky Notes di Kantor

Sticky notes adalah salah satu alat tulis kantor yang selalu menarik perhatian Anda ketika berkunjung ke toko buku. Biasanya kita selalu tertarik dengan warna-warna kertasnya yang mencolok. Tapi pertanyaannya? Apakah kita benar-benar perlu meskipun sudah menulis catatan pengingat di handphone? Sudah mencatatnya dibuku catatan dan agenda?

Sticky notes bisa menjadi teman kerja yang membantu memudahkan pekerjaan di kantor, kertas pengingat, dan penanda. Dengan begitu, Anda bisa bekerja dengan rapi dan teratur. Namun, di beberapa tempat kerja, penggunaan sticky notes yang berantakan bisa membuat tampilan meja kerja atau dinding menjadi kacau. Berikut tips dan trik menggunakan sticky notes di tempat kerja.

Mengumpulkan ide kreatif

Anda bisa menggunakan sticky notes pada sesi pengumpulan ide kreatif. Pertama, Anda bisa membuat gambar pohon besar di papan tulis kantor sebagai penampung ide. Setiap orang yang punya gagasan bisa menempelkan sticky notes di pohon tersebut. Sehingga nantinya akan tampak seperti pohon berwarna-warni.

Setiap pegawai yang punya ide, bisa menulis di sticky notes dan menempelnya pada dinding tersebut. Ketika satu ide telah dilaksanakan, saat proyek sudah diselesaikan, maka Anda bisa membuang sticky notes yang sudah tidak berguna.

Menandakan barang pribadi
Anda bisa menempelkan sticky notes pada barang pribadi untuk menyatakan kepemilikan.

Mengirim pesan
Misalnya , ketika Anda berjanji makan siang bersama teman, kemudian tiba-tiba bos memanggil menjelang jam 12 siang. Anda bisa menulis pesan di sticky notes dan menempelkannya di atas keyboard atau meja kerja.

Mengucapkan terima kasih
Ketika Anda ingin mengembalikan barang pinjaman ke mejanya, ternyata rekan kerja tidak ada di tempat. Anda bisa menaruh barang itu di mejanya dan meninggalkan pesan ucapan terima kasih yang ditulis di sticky notes.

Menandakan tugas prioritas
Anda bisa menulis catatan tugas dengan tingkat prioritas yang tidak terlalu mendesak pada sticky notes warna lain. Kalau bisa, pilihlah warna paling tua untuk menandakan tugas paling penting, dan warna muda untuk pekerjaan yang tidak menjadi prioritas.

Satu catatan, satu sticky notes
Ukuran sticky notes cukup kecil. Jadi, Anda tidak bisa menjejalkan banyak tulisan di sana. Sebisa mungkin Anda hanya menulis satu catatan di sticky notes sehingga lebih mudah dibaca.

Tempel di sisi monitor
Agar bisa melihat catatan dengan mudah, tempelkan sticky notes di sisi layar komputer Anda. Jika ada beberapa tulisan yang harus disalin ke dalam dokumen, Anda bisa lebih mudah melihatnya. Apabila Anda sudah selesai mengerjakan tugas berdasarkan catatan tersbut, maka lepaskan sticky notes dari layar komputer agar tetap terlihat bersih.

Sumber : http://www.qerja.com/journal/view/8238-tips-dan-trik-menggunakan-sticky-notes-di-kantor/2/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 7 =