Cara Ampuh Cepat Akrab dengan Teman Kantor Baru

Cara Ampuh Cepat Akrab dengan Teman Kantor Baru

Jadi karyawan baru itu seru-seru susah. Serunya adalah kamu akhirnya dapat pekerjaan baru yang bisa jadi udah kamu idam-idamkan. Susah karena kamu harus berjuang pula buat cepat akrab dengan teman kantor baru.

Beradaptasi dengan lingkungan baru bisa dibilang emang gampang-gampang susah.

Nah, biar lebih cepat akrab dengan teman kantor di perusahaan baru, coba deh ikuti saran berikut ini.

1. Teknik bercermin
Kamu Pegawai Baru? Ini 5 Cara Agar Bisa Akrab dengan Rekan Kerjathefruitpeople.ie
Ketika sedang berinteraksi dengan rekan kerja yang lain, coba perhatikan dengan seksama bagaimana mereka melakukan komunikasi efektif dengan rekannya yang lain. Perlahan, tirulah bagaimana mereka berbicara, cara mereka mengeluarkan pendapat, dan segala hal positif dari mereka.

Dan ketika kamu sudah merasa dekat dengan mereka, pakailah cara-cara hasil bercermin dari polah rekan kerja dan terapkan saat kamu berkomunikasi dengan mereka. Meniru cara mereka berbicara bukan berarti menghilangkan karaktermu sendiri karena kamu harus tetap menjadi dirimu sendiri.

2. Tersenyum
Kamu Pegawai Baru? Ini 5 Cara Agar Bisa Akrab dengan Rekan Kerjaexecutiveimpactonline.com
Semua orang sudah pasti tahu, senyum menjadi pertanda bahwa seseorang memiliki sifat yang ramah. Selain karena senyum bernilai ibadah, melakukan interaksi dengan rekan kerja yang lain pun akan menjadi lebih hangat dan positif.

Jadi, jangan sungkan atau ragu untuk menebar senyum kepada semua orang sehingga kamu akan dicap sebagai pegawai baru yang mudah didekati. Namun ingat, senyum ada takaran dan waktunya sendiri ya.

3. Tunjukkan perilaku positif
Selain senyum, perilaku positif pun menjadi andalan bagi pegawai baru untuk melakukan komunikasi dengan rekan-rekan kerja seniornya. Perilaku positif bisa ditunjukkan dengan raut wajah dan kata-kata yang ramah, gestur tubuh yang tegas, atau pemikiran dan pandangan pribadi yang optimis.

Setiap emosi dan pemikiran positif tentu saja akan menular kepada rekan-rekan kerja yang berada di sekelilingnya.

4. Berikan pujian

Kamu Pegawai Baru? Ini 5 Cara Agar Bisa Akrab dengan Rekan Kerjabusroots.org
Jangan ragu untuk memberikan pujian kepada rekan-rekan kerja senior sekecil apapun prestasi yang didapatnya. Hal apa saja yang kamu katakan tentang orang lain, sudah pasti akan memengaruhi bagaimana sikap orang lain terhadap kamu juga.

Jadi, jika kamu memberikan pujian kepada orang lain sebagai rekan kerja yang menyenangkan, ia pun akan menganggap kamu sebagai orang yang menyenangkan pula. Tapi ingat, pujian yang berlebihan akan membuat orang lain merasa eneg karena kamu akan dianggap sebagai orang yang lebay.

5. Menghabiskan waktu bersama
Kamu Pegawai Baru? Ini 5 Cara Agar Bisa Akrab dengan Rekan Kerjabookboon.com
Luangkan waktu untuk menghabiskan waktu kebersamaan dengan rekan-rekan kerja baru. Di sela-sela pekerjaan atau makan siang, kamu bisa melakukan obrolan sederhana untuk saling mengenal pribadi masing-masing.

Tunjukkan dengan antusias bahwa kamu merasa senang berada di dalam lingkungan kerja bersama mereka. Perlahan namun pasti, dengan menunjukkan hal-hal positif, meski sebagai pegwai baru kamu bisa kok menjadi akrab dengan rekan-rekan kerja yang lain.

Jadi, jangan ragu untuk memulai interaksi dengan orang lain karena dari sanalah kamu akan dianggap sebagai orang yang ramah atau tidak. Yuk, jalin selalu silaturahim agar hidup menjadi lebih indah dan melakukan pekerjaan pun akan terasa lebih mudah.

Sumber : IDN TIMES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =