Biografi Lenang Manggala (Author of Perempuan Dalam Hujan)

Lenang Manggala lahir 13 Maret 1993 di tanah sarat mitos (Ponorogo) dengan nama asli Imam Solikhi. Menulis gagasan, cerita pendek dan pepuisi. Menyibukkan diri dengan kegiatannya sebagai penggagas Gerakan Menulis Buku Indonesia, sebuah program yang membawanya menjadi Finalis Penghargaan SATU Indonesia Award 2016 Kategori Ide Perubahan Bidang Pendidikan dan Top 75 ASEAN Young Socialentrepreneur. Kini, ia sedang berupaya untuk serius bekerja demi mewujudkan cita-citanya: mendirikan sekolah gratis untuk anak-anak nakal.

Lenang menulis buku kumpulan puisigrafinya yang berjudul PER[T]EMPU[R]AN (Kekata, 2015) lahir berkat hasil kolaborasinya dengan fotografer sekaligus penulis asal Spanyol, Marien Gadea. Buku kumpulan cerpen tunggalnya berjudul Negara 100 Kata (Kekata, 2016).

Karya-karya puisi dan cerpennya tersebar luas dalam berbagai antologi bersama. Di antaranya; Negeri Tanpa Nama, Kisaeng, Random: Payudara Sebelum Lusa, Payung Hitam, Patung yang Berdoa, dan lainnya. Ia juga beberapa kali meraih penghargaan berkat karya-karyanya yang berhasil menjadi pemenang pertama dalam berbagai ajang sayembara menulis. Di antaranya, Lomba Cerpen Tingkat Nasional NBC IPB 2013, Lomba Cipta Karya Nasional Etnikafest UGM 2015, Lomba Menulis Cerpen Remaja Tingkat Nasional Oase Pustaka 2015, Lomba Cerpen Mahasiswa Tingkat Jateng LPM UMS di tahun 2012 dan 2014, serta pemenang kedua Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional UKP Surabaya. Pernah mendapat undangan jumpa sastrawan nusantara dari Dewan Kesenian Kudus dan lolos dalam seleksi Workshop Cerpen Kompas 2015 di Bali.

Dikutip dari : https://www.goodreads.com/author/show/14130834.Lenang_Manggala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 5 =