Biografi

Biografi Joe Taslim

Biografi Joe Taslim

Johanes Taslim atau lebih terkenal sebagai Joe Taslim merupakan aktor Indonesia yang lahir di Palembang, 23 Juni 1981. Dia adalah putra pasangan Mardjuki Taslim dan Maria Goretty yang piawai berakting dan jago bela diri.

Awal karir Joe dimulai di dunia olahraga. Ia merupakan atlet Judo profesional yang telah menyabet sederet penghargaan. Joe meraih gelar jawara Judo se-ASEAN dan berhasil membawa pulang medali emas di ajang South East Asia Judo Championship Singapore 1999. Selain itu, ia juga mempersembahkan medali perak di ajang SEA Games 2007.

Di sela kesibukan sebagai atlet, Joe mengaku tidak bisa membendung keinginannya terjun berakting. Ia pun mulai mengikuti casting. Ia lantas didapuk tampil di film perdananya, “Karma” (2008).

Film “Karma” menjadi debut pertama Joe Taslim di layar lebar. Di film tersebut ia beradu peran dengan aktor senior Him Damsyik. Setahun kemudian, Joe kembali main dalam film “Rasa”.

Setelah berperan dalam film Rasa pada tahun 2009, Joe kembali berakting untuk film laga “The Raid: Redemption” yang rilis 2 tahun kemudian. Dalam film besutan sineas Gareth Evans ini, Joe berperan sebagai Sersan Jaka. Ia juga beradu akting dengan aktor laga seperti Iko Uwais dan Yayan Ruhian.

Film aksi tersebut ditayangkan pertama kali pada Festival Film Internasional Toronto (Toronto International Film Festival, TIFF) 2011 sebagai film pembuka untuk kategori Midnight Madness, dan menuai pujian dari para penonton dan kritikus film.

The Raid pun memperoleh penghargaan The Cadillac People’s Choice Midnight Madness Award. The Raid menjadi film Indonesia pertama yang paling berhasil di level internasional.

Kesuksesan ayah 3 anak ini semakin memikat setelah memperoleh peran sebagai Jah dalam film aksi terkenal “Fast and Furious 6” yang tayang tahun 2013. Meski mendapat peran antagonis melawan tokoh utama Dominic Toretto (Vin Diesel) dan Brian O’Conner (Paul Walker), namun penampilannya memberi kebanggaan sendiri bagi masyarakat Indonesia.

Pada tahun yang sama juga, suami dari Julia Taslim ini berperan untuk film nasional bertajuk La Tahzan sebagai orang Jepang bernama Yamada yang ingin melamar Viona, namun mereka terbentur keyakinan.

Setelah 3 tahun tidak muncul, Joe kembali berperan untuk film Hollywood, Star Trek Beyond sebagai alien bernama Manas. Sedangkan pada tahun 2017, ia kembali berperan untuk film Indonesia bertajuk Surat Kecil Untuk Tuhan bersama Bunga Citra Lestari, Lukmat Sardi, Ben Joshua, Aura Kasih, dan lainnya.

Berkat aktingnya di layar lebar, Joe telah diganjar 2 penghargaan, yaitu Pemeran Utama Pria Terbaik Indonesian Movie Actor Award 2014 dan Aktor Favorit Indonesia KCA 2015. Ini sekaligus melengkapi tropi yang diraihnya dari dunia olaharga judo.

Sumber : VIVA

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *