Biografi

Biografi Enda Nasution

Enda Nasution adalah seorang penulis dan oleh kalangan media massa Indonesia dijuluki sebagai tokoh blog Indonesia, atau juga “Bapak Blogger Indonesia” karena cukup banyak muncul di media mainstream untuk mempromosikan penggunaan Blog.

Bertahun tahun yang lalu, dunia blogging di Indonesia masih dianggap hal yang sulit dan kurang bermanfaat. Banyak dari masyarakat belum bahkan sama sekali tidak bisa menangkap potensi yang bisa di hasilkan oleh blog. Namun tidak demikian dengan seorang pemuda bernama Enda Nasution. Ia yang tumbuh bersama dengan masuknya internet ke tanah air pada waktu itu, melihat bahwa suatu saat nanti blog bisa menjadi media penyampaian ide dengan berbagai tujuan dan keuntungannya. Jadi lah ia mulai mempopulerkan dunia blogging di Indonesia pada sekitar tahun 2001-an.

Namun nampaknya minat masyarakat akan dunia blog masih juga belum tumbuh dengan baik. Bahkan dalam dunia bisnis pun, media online belum menjadi pilihan yang menjanjikan sebagai ladang perluasan usaha. Enda yang pada waktu itu sudah bertekad untuk membawa tren blogging tidak pernah menyerah. Pelan namun pasti usahanya menemui titik terang. Dan apa yang kita lihat kini? Blog bahkan bisa dikatakan sebagai media penyampaian ide, pemikiran, bahkan pendukung bisnis yang fundamental, efektif serta tanpa batas. Tidak heran, ia yang menjadi pioneer dunia blogging Indonesia mendapat title sebagai bapak blogger Indonesia. Dia lah Enda Nasution.


Kiprah Enda Di Dunia Blogging

Jika anda mengunjungi salah satu laman web pribadi Enda berjudul “Apa itu blog?”, maka bisa dibilang anda sedang membaca tulisan yang menjadi cikal bakal berkembang nya dunia blogging tanah air. Dalam artikel yang cukup panjang tersebut, sang bapak blogger memaparkan dengan detil apakah itu blog, bagaimana, seperti apa dan semua seluk beluk tentang blog yang ia ketahui.

Bukan hanya menerangkan dengan bahasa yang formal, Enda juga meramu kata kata menjadi begitu renyah dengan harapan pada waktu itu blog bisa mulai di lirik oleh orang Indonesia. Dari tulisan yang telah mendapatkan respon komentar hingga 500 an lebih tersebut, mulai lah lahir perlahan ketertarikan dari beberapa orang yang ingin lebih dalam menyelami luasnya potensi dunia blogging. Bahkan pada beberapa media, tulisan Enda berjudul “Apa itu blog? “ disebut sebut sebagai salah satu panduan hidup para blogger Indonesia. Cukup fenomenal tentunya apa yang ia lakukan. Sekelumit kisah nya pun bisa di lihat di laman Wikipedia tentang Enda Nasution.

Riwayat Karir Enda

Sebelum menjajaki dunia blogging yang telah membesarkan namanya, Enda memulai karir sebagai copywriter pada salah satu perusahaan bernama Ogilvy & Mather yang bertempat di Jakarta. Dengan kemampuan nya dalam bidang advertising yang sangat mumpuni ia pun sempat mencicipi beberapa award seperti Indonesian Ad Award untuk iklan susu Dancow dan produk rokok A Mild, Clio Advertising Award bahkan menjadi salah satu sosok The Hottest Cretive Person se-Asia versi Campaign Brief Asia . Campaign Brief Asia sendiri merupakan salah satu referensi dunia kreatif ternama yang ada di Asia. Pencapaian yang tidak kecil tentunya di usianya yang terbilang masih muda.

Tidak hanya itu, ia yang hingga kini masih aktif sebagai penyuara dunia blogging tersebut, tidak sungkan –sungkan untuk selalu berbagi dengan siapa saja. Rekaman dirinya pun bisa disaksikan di beberapa chanel Youtube, salah satu nya adalah ketika ia menjadi pembicara pada gelaran TEDx di bandung. Lihat videonya berikut, Enda Nasution adalah sosok pemuda Indonesia yang tidak takut mengambil langkah atas apa yang ia yakini. Dengan perjuangan yang tidak pernah berhenti, meski usaha nya terasa masih sangat jauh dari kata berhasil, ia tidak pernah menyerah. Dan apa yang mungkin hanya menjadi mimpi Enda bertahun tahun yang lalu, kini menjadi kenyataan. Yaitu mempopulerkan Blog sebagai media kreatif tanpa batas di Indonesia.

Sumber : https://www.maxmanroe.com/enda-nasution-bapak-blogger-indonesia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *