Berita

Beberapa Online Shop Berpartisipasi dalam Program Ramadan Express

Beberapa Online Shop Berpartisipasi dalam Program Ramadan Express.

Program Ramadan Categorical ini sebenarnya baru diperkenalkan pekan lalu. Program ini merupakan bagian dari gerakan ‘Ayo UMKM Jualan On-line’ yang diperkenalkan bulan April 2018.

Secara garis besar, program yang turut menggandeng sejumlah e-Commerce Indonesia ini bermaksud mengajak pelaku UMKM Tanah Air mulai berdagang secara on-line.

Menurut staf ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Lis Sutjiati, kehadiran program ini bertujuan untuk membuka kesempatan pelaku UMKM mendapatkan untung yang lebih melimpah. Seperti diketahui, transaksi jual beli di bulan Ramadan terbilang melonjak cukup tinggi.

Oleh sebab itu, Kemkominfo bermaksud untuk terjun langsung mengajak para pelaku UMKM agar tak melewatkan momen ini. Salah satunya adalah dengan mengajak para pelaku UMKM mulai berjualan on-line.

Pasar kue subuh di Kawasan Senen dipilih karena banyak pedagang yang ada di lokasi tersebut. Lis menuturkan, pola jemput bola semacam ini akan berlangsung pula di sejumlah kota lain di Indonesia.

“Seperti di sini, kegiatan dimulai dengan berbagi pengalaman dari artis atau pengusaha yang bisnis UMKM-nya sukses karena berjualan online. Para relawan juga akan datang ke kios untuk membantu pedagang mendaftar di marketplace,” tuturnya.

Tanggapan para pedagang, menurut Lis, juga sangat positif terkait program ini. Hal itu dapat dilihat dari status onboarding para pedagang. Maksudnya, pedagang bersangkutan sudah memiliki lapak online dan dapat dipesan melalui aplikasi

Selain Jakarta, program ini juga digelar di Tasikmalaya, Surabaya, Bandung, Solo, Makassar, Padang, Samarinda, dan Aceh. Pelaksanaan Ramadan Express ini berlangsung selama dua minggu dari 29 Mei hingga 12 Juni 2018.

Lebih lanjut Lis menuturkan, dalam program kali ini, pihaknya akan melakukan aksi ‘jemput bola’ atau mendatangi langsung para pelaku UMKM.

Untuk itu, Kemkominfo akan dibantu para relawan TIK, perwakilan marketplace, termasuk sejumlah siswa SMK. Lis juga sempet menyebut pelaku UMKM merupakan sebagai pahlawan ekonomi digital Indonesia. Alasannya, sebelum era digital dimulai, para pelaku UMKM sudah menjadi penopang ekonomi nasional.

Dikutip dari: https://www.liputan6.com/ramadan/read/3551818/bukalapak-dkk-geber-program-ramadan-express

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *