Akhirnya Intel Luncurkan 5G Pertama

Intel Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya.

Intel tak mau ketinggalan gerbong berikutnya dalam evolusi teknologi seluler. Raksasa chip itu memperkenalkan chip modem 5G terbarunya, yakni XMM 8160, Selasa, (13/11/2018) silam.

Menariknya, chip ini merupakan jenis multi-mode modem, di mana dengan keunggulannya, chip bisa menghubungkan ke jaringan lawas 2G hingga 5G, tanpa tambahan chip modem lain.

Sebelumnya, Qualcomm, rival besar Intel di industri chip, telah lebih dulu memperkenalkan modem 5G bernama Snapdragon X50. Namun, modem itu diketahui tidak memiliki teknologi multi-mode, yang mengharuskan pabrikan menyisipkan chip modem tambahan.

Sementara modem bikinan Intel ini diketahui menggunakan gelombang radio baru (NR) yang mendukung spektrum frekuensi gelombang terendah, 600 MHz, hingga tertinggi, yaitu gelombang milimeter (mmWave) dengan frekuensi 6 GHz, yang bisa menghasilkan kecepatan unduh hingga 6 Gbps.

Teknologi multi-modem ini sejatinya memungkinkan sang device yang disokong modem terhubung melalui jaringan tersebut dengan dukungan EN-DC, yaitu sebuah cara untuk menghubungkan jaringan 4G dan 5G secara bersamaan.

Nantinya, dalam kenyataan, para pabrikan disebut tidak wajib menyertakan modem tambahan lain untuk menghubungkan ke jaringan 4G, atau yang lebih lama seperti 2G dan 3G.

Hal ini bisa dibilang sebagai keuntungan multi-mode, di mana perangkat akan menghubungkan ke jaringan lain jika ternyata gelombang 5G tidak tersedia di daerah yang sedang dikunjungi pengguna.

Dilansir KompasTekno dari GSMArena, Rabu (14/11/2018), jaringan lantas bakal berubah menjadi 5G jika dirasa dibutuhkan. Ini merupakan teknologi ‘Non-Stand Alone’ dimana transisi dari 4G ke 5G akan terlaksana secara mulus.

Selain itu, modem juga mendukung konektivitas 5G ‘Stand Alone’ yang berarti secara terpisah, stagnan di jaringan 5G tanpa dukungan transisi dari jaringan 4G. Intel juga mengklaim chip modem 5G-nya ini bakal dapat membuat ukuran perangkat yang lebih kecil, dan hemat daya.

Belum diketahui tanggal pasti pendistribusian chip modem ini. Namun, modem Intel XMM 8160 5G yang disebut super cepat itu diprediksikan akan memasuki tahap pengapalan pada kuartal II-2019. Perangkat komersil yang menggunakan modem ini, seperti ponsel dan PC, diharapkan akan tersedia di semester I-2020.

Sumber : KOMPAS.COM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 15 =