Tak Berkategori

6 Cara Mudah Bikin Ponsel Android Lebih Aman

tips&trik_24Mei_id

Ada banyak hal yang bisa mengancam keamanan ponsel Anda entah itu pencuri ataupun hacker. Meskipun tidak ada cara untuk mengamankan ponsel Android Anda sepenuhnya, ada beberapa cara sederhana untuk menyelamatkannya dari ancaman keamanan kebanyakan. Inilah 6 cara mudah yang bisa Anda lakukan, seperti yang dirangkum oleh PC World.

1. Kunci layar ponsel Anda
Ada banyak pengguna Android yang tidak mengunci layar ponselnya karena mereka tidak mau repot menggunakan passcode. Jika belum mengaktifkan kunci layar ponsel, Anda bisa mengakses Settings > Security > Screen Lock. Anda bisa menggunakan PIN atau passcode. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan kunci pola.

2. Cari dan hapus data ponsel dari jauh
Jika Anda kehilangan ponsel Android, Anda bisa menggunakan Android Device Manager untuk melacak perangkat Anda.Akses Settings > Google > Security. Ada 2 hal yang harus Anda aktifkan, yaitu “Remotely locate this device” dan “Allow remote lock and erase.

3. Jangan izinkan aplikasi dari sumber tidak diketahui terpasang
Google berusaha untuk memastikan aplikasi yang ada di Google Play Store terbebas dari malware. Namun, Anda tetap bisa diajak untuk mengunduh aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga atau bahkan dari situs yang tidak diketahui. Anda perlu masuk Settings > Security. Setelah itu, pada bagian “Unknown sources”, pastikan ia berada dalam keadaan non-aktif.

4. Biarkan Android memindai dan verifikasi aplikasi Anda
Anda bisa mengaktifkan fitur yang memungkinkan ponsel memindai aplikasi yang sudah terpasang pada ponsel.Untuk itu, masuk ke Settings > Google > Security > Verify app. Setelah itu, aktifkan fitur “Scan device for security threats”.

5. Update ponsel Anda
ponsel Android Anda akan secara otomatis meminta Anda untuk mengunduh patch terbaru. Untuk memeriksa apakah ada update baru, Anda bisa mengakses Settings > About Phone > System updates.

6. Aktifkan fitur Safe Browsing pada Chrome
Chrome untuk Android dilengkapi dengan mode “Safe Browsing”. Ia akan memperingatkan Anda saat hendak mengunjungi situs yang dicurigai tidak aman. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu masuk ke Settings > Privacy. Pastikan fitur “Safe Browsing” dalam keadaan aktif.

Dikutip dari : http://teknologi.metrotvnews.com/tips-trik/lKYMy33K-6-cara-mudah-bikin-ponsel-android-lebih-aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *