5 Trik Ajaib Ketika Ponsel Tercebur ke dalam Air

5 Trik Ajaib Ketika Ponsel Tercebur ke dalam Air

Air sudah bagaikan musuh utama bagi barang elektronik, terutama untuk ponsel. Beberapa ponsel sudah memanfaatkan fitur anti air, namun mayoritas sangat rentan terhadap air.

Berikut beberapa tips apabila ponsel Anda tercebur ke dalam air :

1. Jangan langsung menyalakan ponsel

Salah satu yang harus Anda lakukan ketika ponsel tercebur ke dalam air adalah dengan langsung mematikan perangkat Anda. Jangan mencoba untuk menghidupkannya kembali, karena komponen di dalam ponsel memiliki aliran listrik melalui baterai. Listrik sangat tidak bersahabat dengan air. Jika dibiarkan hidup, maka komponen lain dari ponsel Anda akan perlahan rusak.

2. Buka seluruh penutup ponsel

Selanjutnya Anda harus membuka seluruh penutup ponsel, keluarkan baterainya. Keluarkan juga kartu sim dan kartu memori eksternal. Jika Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang ponsel, silakan buka semua bagian ponsel agar air dapat mengering lebih cepat.

Namun Anda harus berhati-hati ketika membuka seluruh komponen ponsel. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kerugian dibanding mengembalikan ponsel Anda ke kondisi semula.

3. Masukan ponsel Anda ke dalam beras

Beras memiliki daya serap tinggi terhadap air. Ambil beras secukupnya ke dalam wadah kemudian masukan ponsel basah Anda ke dalamnya lalu diamkan selama 24 jam. Apabila setelah itu ponsel Anda masih bermasalah, segera masukan kembali ke dalam beras untuk 24 jam berikutnya. Maka ponsel Anda akan berfungsi kembali.

4. Gunakan Silica Gel

Silica Gel terkenal sebagai zat penyerap lembab yang baik. Ambil silica gel secukupnya ke dalam wadah kemudian masukan ponsel basah Anda ke dalamnya lalu diamkan selama 24 jam. Apabila setelah itu ponsel Anda masih bermasalah, segera masukan kembali ke dalam silica gel untuk 24 jam berikutnya. Maka ponsel Anda akan berfungsi kembali.

5. Jangan gunakan hair dryer atau menjemur ponsel dibawah sinar matahari langsung

Cara ini mungkin terlihat instan dan menjanjikan dalam proses pengeringan ponsel Anda. Namun perlu Anda ketahui, suhu yang tinggi dapat merusak sebagian komponen dari ponsel Anda. Hal ini justru akan membuat ponsel Anda bermasalah di kemudian hari.

Sumber : detikinet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =