1000 Beasiswa dari Google untuk Mahasiswa dan Dosen

Kabar gembira buat kamu yang lagi cari beasiswa! Sebanyak 1.000 beasiswa diluncurkan oleh Google, untuk mahasiswa dan dosen Indonesia.

Google meluncurkan program beasiswa pelatihan dan pemrograman Android, untuk 1.000 mahasiswa dan dosen di Indonesia. Beasiswa tersebut merupakan salah satu dari hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sillicon Valley pada 2016 lalu, di mana CEO Google, Sundar Pichai saat itu berjanji untuk melatih 100.000 pengembang aplikasi di Indonesia hingga tahun 2020.

Dalam upayanya mengembangkan komunitas app developer di Indonesia, Google menjalin kerja sama dengan Dicoding, sebuah platform penghubung app developer di Indonesia yang memiliki lebih dari 80.000 anggota. Kerja sama ini mewujudkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa untuk belajar pengembangan aplikasi Andorid di kursus Android Developer Expert yang disediakan Dicoding. Dalam kursus itu nantinya akan disediakan modul, kurikulum, dan pendampingan oleh ahlinya.

Bersama dengan Dicoding, Google akan memberikan 1.000 beasiswa picodiploma selama 90 hari, kepada mahasiswa dan dosen pengajar Teknologi Informasi ( IT) yang ingin memperdalam pemrograman Android. Selama 90 hari itu, Dicoding akan menyediakan 125 modul, 35 video dan 24 kuis untuk keseluruhan program pengajaran yang diselenggarakan dalam Bahasa Indonesia.

Academy, yang dibimbing oleh Dicoding, dan para Google Developer Expert, dengan forum diskusi dan code review secara profesional. Nantinya, para peserta akan belajar cara membangun aplikasi menggunakan sistem operasi Android melalui modul Testing, Debugging, Aplication, Application UX, Fundamental Application Components, Persistent Data Storage, dan Enhanced System Integration. Setelah mendaftar dan mengikuti rangkaian kegiatan secara aktif, penerima-penerima beasiswa akan mendapatkan buku cetak “Menjadi Andorid Developer Expert” terbitan Dicoding.

Kolaborasi ini juga menjadi salah satu bentuk dukungan Google untuk membantu Indonesia terutama untuk memajukan ekonomi digital. Dalam laman resminya pihak Google merasa mereka menemukan mitra yang tepat karena memiliki visi yang sama untuk mendidik dan melatih pengembang aplikasi di Indonesia.

Pada akhirnya, semua lulusan akan menerima sertifikat picodiploma dari Dicoding setelah berhasil menyelesaikan keseluruhan modul dalam kelas tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut soal program beasiswa Android ini, kunjungi situs Dicoding melalui tautan berikut ini.

Dikutip dari KOMPAS.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − twenty =